Playstation 3 VS Xbox 360

http://static.gamespot.com/uploads/original/654/6544450/2362898-4428300142-ps4vs.jpg



Jika kita mengulur waktu lebih lama kebelakang, 10 tahun yang lalu mungkin, kita dapat mengingat bagaimana era tersebut menjadi masa keemasan bagi  Playstation 2. Kala itu Playstation 2 memegang kendali pasar gamer dan mendominasi market Console, sehingga begitu banyak Developer game yang melakukan Eksklusif game yang mereka produksi, yaitu hanya merilisnya dimesin Playstation 2. Developer berani mengambil langkah tersebut karena segmen pasar dipegangoleh Sang Maestro Playstation 2, hal tersebut tentu memaksa Console pesaing melangkah mundur kebelakang dikarenakan kebanyakan game dengan rating laris hanya dieksklusifkan dan dapat dioprasikan di Playstation 2. Hal ini berhasil mematikan pesaing. Salah satu korban yang paling ketara adalah Xbox buatan Microsoft yang sangat jarang dilirik kala itu, karena apa? tentu karena rata-rata game favorit hanya dirilis Ekslusif di Playstation 2, Itulah kekuatan dominasi pasar Playstation 2 kala itu. Kini era telah berubah, console pesaing semakin giat menunjukan eksistensi mereka, tidak ada lagi dominasi, karena kekuatan pasar sudah merata pada masing-masing Console. Developer game tidak bisa hanya merilis game mereka pada satu console, kecuali jika mereka ingin provit yang sedikit. Jika para Developer menginginkan untung yang sebanyak-banyaknya maka mereka mau tidak mau harus merilis game pada berbagai mesin seperti Playstation, Xbox, PC, atau Wii. Tiap console kini memiliki taring mereka masing-masing, yang tentu tidak dapat disepelekan. Hilangnya dominasi pasar yang di pegang olen Playstation telah bergilir kesana-kesini dan membuka peluang baru bagi Console pesaing. Kali ini kami akan membahas tentang Playstation 3 vs Xbox 360, Karena kedua console inilah yang paling berdesak-desakan bersaing ketat untuk menarik hati para gamer, berikut ulasan kami mengenai siapa yang terbaik.   



SEGI PENJUALAN

Sejak tahun perilsannya Xbox 360 memang mungungguli rival abadinya Playstation 3 dari segi penjualan, saat itu Sony Playstation masih berkutat dengan masalah YLOD yang dihadapi seri FAT.  Di Amerika Serikat, Console balutan Mirosoft ini menjadi mesin sejuta umat dan berjaya kurang lebih selama 2 tahun sejak dilemparkan ke pasaran, namun kebangkita Playstation 3 mulai ketara setelah dirilisnya seri Slim dan Super Slim. Hingga pada tahun 2013 penjualan Playstation terus aktif bahkan mengungguli Xbox walau hanya 1% saja.  Debat mengenai siapa yang terbaik antara Xbox dan Playstation memang tidak akan ada habisnya, yang ada hanyalah segelintir pihak pro dan kontra yang membela jaoannya masing-masing. 

http://www.eldesafiodigital.com/wp-content/uploads/2009/11/modern-warfare-2-comparativ.jpg
Perbedaan Dalam Game Modern Warfare 2

SEGI GRAFIS
Jika kita berbicara mengenai grafis, kita tahu siapa yang layak mendapatkan piala, siapa lagi kalau bukan Xbox 360? Xbox 360 kami akui unggul dalam urusan grafis, menyuntikan teknologi Unifield Shader dengan 48 unit Shader Pixel membuat gambar terlihat lebih dinamis, walaupun perbedaanya mungkin sedikit.  Tidak hanya itu, GPU Grafis Xbox 360 pun menungguli Playstation 3 walaupun GPU Click nya masih lebih baik Playsattion 3. Playstation 3 belum mengenal teknologi Unified Shader, Vertex Shader Unitnya pun masih diungguli oleh Xbox 360 yang memiliki 48 unit, jadi jangan heran jika dibeberapa titik dan detail gambar anda akan lebih puas dengan suguhan Xbox 360. Namun persaingan tidak hanya sampai disitu, untuk mencapai hasil paling maksimal, Playstation 3 harus menggunakan HDMI dengan TV Flat/Slim yg mendukung, jika Playstation 3 sudah menggunakan HDMI denan resolusi tertingginya yaitu 1080p, kami fikir perbedaannya hampir tidak ada, karena Xbox 360 tidak didukung dengan Full-HD Resolution. Tapi dalam segi kecepatan kami akui Playstation 3 dua kali lebih cepat dari pada Xbox 360. 

http://i.ytimg.com/vi/5MHWIhUISDM/maxresdefault.jpg
Perbedaan Dalam Game Max Payne

SEGI GAME
Kedua Console sama-sama dapat memainkan game bajakan untuk saat ini. Game bajakan Xbox 360 tersebar dimana-mana dan Software bajakan Playstation 3 pun juga dapat dibeli dibanyak tempat. Namu keduanya sama-sama memilliki kemungkinan untuk diBanned jika terdeteksi menggunakan game non-ori. Game Eksklusif adalah game yang hanya dirilis disatu Console saja, permasalahannya jika game tersebut adalah game favorit bukannya tidak mungkin penggemar akan beralih ke Console lain yang bisa menyediakan game tersebut. Salah satu pendongkrak penjualan Playstation 3 adalah dirilisnya GTA 5 lebih dahulu pada console balutan Sony tersebut, game yang sudah ditunggu-tunggu itu ternyata lebih berpihak kepada Sony, sehingga orang-orang berbondong-bondonng ingin mencobanya, walaupun saat ini GTA 5 sudah merilis versi Xboxnya. Game Ekslusif memang menjadi sebuah strategi mematikan dalam segi penjualan, jika game ekslusif tersebut adalah game favorit maka dipastikan penggemarnya akan membeli Console dimana game itu hanya dirilis. Menurut kami, game ekskusif favorit lebih berpihak pada Playstation 3, bayangkan saja nama-nama besar seperti Ace Combat: Infinity, Formula One Championship, God of War: Ascension, Gran Turismo, Infamous, Kingdom Hearts, Metal Gear Solid, Naruto, One Piece, The Punisher, Time Crisis, Yakuza, Resistance, dan nama lainnya yang hanya dirilis diConsole Playstation. Disisi lain Xbox juga memiliki game eksklusif yang tak kalah menarik seperti, Fall Out, Bioshock, Half Life, Portal, Halo, dan Mass Effect namun buat kami, game Eksklusif favorit lebih mudah ditemukan pada mesin Sony Playstation.

http://recultured.com/wp-content/uploads/2014/09/xbox360-4gb-kinect-vs-ps3.jpg
SEGI KETAHANAN
Jika berbicara tentang ketahanan secara luas dan meraup semua seri yang ada pada Xbox 360 dan Playstation 3, keberpihakan kami akan cenderung mengarah pada Playstation 3, menagapa? Playstation 3 FAT memang ibaratkan barang gagal yang merusak image Sony Playstation itu sendiri, namun kehadiran Playstation Slim dan Super Slim setidaknya menyembuhkan tuduhan negatif yang terus mengarah kepada Sony. Sementara Xbox 360 masih membuat penggunanya menjadi pelanggan setia akan kerusakan Red Ring of Dead yang sulit untuk terpecahkan. Mesin Xbox 360 cenderung lebih cepat panas, sehingga jika anda adalah salah satu konsumernya anda harus menaruh Xbox 360 dalam kondisi yang benar-benar sejuk. Dari segi servis pun kami agak ragu terhadap penyelesaian komplit tentang kerusakan yang ada pada Xbox 360, karna saat ini sulit menemukan ahli servis yang paham betul tentang seluk-beluk Xbox 360. Arsitektur Xbox 360 cenderung lebih rumit dari pada Playstation 3, 1 core yang dimiliki Xbox 360 mempunyai 2 Thread yang membuat Core terlihat seperti ada 6, sementara Playstation 3 lebih lugas dengan 1 Core utama dan 7 Core pembantu. Jika kerusakan terjadi pada Xbox 360 disarankan membawa Xbox ke servis Center, karna servis umum belum tentu paham dan dapat menyelesaikan rangkaian yang cenderung rumit. Berbeda dengan Playstation 3 yang arsiteknya cenderung lebih simpel, sehingga mudah mencari tempat servis umum yang paham betul rinciannya.
Pada dasarnya kedua Console ini sama-sama alat gaming yang berkualitas, namun mengapa kami hanya menjual Playstation? Karna di Indonesia segmen pasar Playstation lebih menjanjikan dibandingkan Xbox. Distibusi bararang Xbox lebih sedikit dan onderdilnya cenderung langka, tidak hanya itu beberapa teknisi yang kami kenal tidak paham 100% tentang Xbox, sehingga sangat riskan jika kami menjual barang yang kami sendiri tidak paham rincian mesinnya. Masalah Joystick pun menjadi alasan, Joystick Playstation 3 lebih mudah untuk dioperasikan karna tombol-tombolnya masih sama dengan generasi yang sebelumnya, sehingga membuat pemain lebih familiar hingga memilih Playstation 3. 


http://gamingbolt.com/wp-content/uploads/2011/03/crysis-2-1.jpg

JANGAN BANDINGKAN DENGAN PC

Satu lagi alat Gaming yang tidak dapat dipandang sebelah mata adalah PC! Fungsi utama PC memang bukan untuk bermain game, game ibaratkan hanya item tambahan, karna PC memiliki banyak tugas utama dari pada hanya memainkan sebuah game. Tetapi jika PC, Xbox, dan Playstation disejajarkan maka PC akan berjaya dan menginjak retak kedua Console ini. Pada dasarnya setiap game dibuat di PC, maka hasil yang ditampilkan game PC akan lebih baik dari pada Playstation maupun Xbox, permasalahannya PC apa dulu yang anda digunakan? Jika PC yang anda gunakan hanyalah PC Tua yang biasa digunakan di Sekolah SD untuk bermain soliter atau Pinball tentu anda harus gigit jari. PC diakui sebagai sarana bermain game yang sangat sempurna, jika anda menginginkan grafis yang super maksimal, bayangkan saja spesifikasi PC terbaru dari Geforce 8800 GTS yang mampu menyuguhkan resolusi hingga 2560 x 1600 XHD. Namun jika anda ingin menikmati hal itu tentu ada beberapa langkah ekstra yang harus anda ambil, seperti  mengotak-atik Videcoard, Motherboard, Hardisk, dan perintilan lainnya, alhasil? Kocek yang anda keluarkan akan lebih ultra mahal. Tidak sampai disitu, listrik yang dikeluarkan pun jauh lebih boros, kerja core i7 2600 bisa belasan kali lebih boros dari pada listrik sebuah Playstation 3 dengan TV HD. Joystick pun menjadi penghambat, ada beberapa game yang akan terasa sangat sulit controllernya jika dimainkan menggunakan Keyboard Qwerty PC.  Jika anda memilih PC sebagai alat Gaming anda pun harus siap dengan perkembangan teknologi di PC yang begitu cepat, anda pun harus selektif dalam memilih game, karna tiap game memiliki Spek yang berbeda-beda, jika anda memsukan game yang tidak sesuai dengan Spek PC anda maka anda harus gigit jari jika game tidak dapat dimainkan. Pada dasarnya jika anda memilih PC sebagai alat Gaming anda harus tertarik dan paham tentang gadget dan elektronik, sebab anda harus mengotak atik proses instalasi game anda sendiri, apalagi jika game yang ingin anda mainkan adalah Download-an mentah dari internet, tehnik paling dasar seperti Cracking, Patch, Ekstrak, dan Launch harus anda kuasai, karna salah tekan tombol atau salah hapus file saja akan mengakibatkan fatal yang berkepanjangan. Disisi lain, bermain dengan Console cenderung jauh lebih mudah, hanya tinggal membeli CD Blu-Ray anda hanya tinggal duduk manis sambil menikmati game yang berjalan. Apalagi saat ini Software game bajakan sudah bertebaran dimana-mana, maka hanya dengan kocek yang lebih murah anda dapat lebih dimudahkan.

Intinya, baik PC, Xbox, atau Playstation memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika anda menggemari system program ada baiknya anda memilih PC sebagai sarana bermain. Namun jika anda adalah orang yang cenderung tidak tertarik mengotak-atik file di PC dan cenderung ingin hal yang lebih mudah anda bisa menggunakan Console sebagai solusi. Semuanya tidak ada yang sempurna, namun memiliki ciri spesifik masing-masing, tinggal anda yang menyesuaikan mana yang paling klop untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar